DASAR NAVIGASI DARAT
Navigasi darat merupakan ilmu
yang pentingg bagi penggiat alam bebas
Navdar adl/ ilmu yang mempelajari
tentang penentuan posisi di peta ataupun di medan sebenarnya.
Manfaat bagi penggiat alam bebas
: bisa menentukan posisi, menentukan jarak, menentukan arah, mencari sumber
air, dan mendatangi daerah yang baru.
Pada dasarnya ilmu navdar
mempelajari 2 hal, 1) penentuan posisi menggunakan peta. 2) penentuan arah
dengan kompas.
Sekarang masuk ke peta....
Apa itu peta??? Adl gambaran
permukaan bumi baik sebagian maupun seluruhnya yang dliat dari atas dengan
perbandingan skala tertentu.
Bagi penggiata alam bebas
biasanya menggunakan jenis peta topografi,
Peta topografi adl peta yang
memuat informasi ketinggian dengan garis2 kontur dimana satu garis kontur memiliki
ketinggian yang sama.
Membaca peta adl mengenali objek
dan fitur yang tertera dalam peta
Agar mudah dalam membaca peta,
kita harus mengetahui komponen2 peta
1.
Judul peta, biasa diambil dari nama lokasi yang
dianggap penting didaerah tersebut/daerah yang besar.
2.
Sheet peta/No. Kedudukan peta, sebagai nomor
referensi saat mencari peta
3.
Tahun pembuatan peta, penting untuk pembaruan
kondisi demografi yang baru
4.
Utara peta, diabgi 3 :
grid north, arah yang diberikan oleh peta
true north, arah peta sebenarnya
magnetic north, tempatnya tidak bertepatan dengan arah
kutub utara.
Pada dasarnya 3 utara peta bisa kita abaikan untuk
kepentingan praktis dalam bernavigasi. Tapi ini akan berguna jika kita berada
mendekati kutub utara/ kutub selatan. Karena posisi indonesia berada ditengah2
sehingga dalam pembentukan petanya simetris.
5.
Legenda peta, adl informasi yang menggambarkan
simbol2 yang dimuat pada peta.
6.
Skala peta, perbandingan jarak di peta dengan
jarak sebenarnya. Dibagi 2 :
Skala angka, 1:50.000
Skala garis
Skala 1: 50.000
peta
|
sebenarnya
|
1 cm
|
50.000 cm =
500 m
|
2 cm
|
100.000 cm =
1000 m
|
7.
Koordinat peta, adl kedudukan suatu titik pada
peta.Perlu diketahui bumi dibagi 4 bagian : bujur barat, bujur timur, lintang
utara, lintang selatan. Indonesia termasuk dalam bujur timur tetapi dengan
Lintang utara dan lintang selatan.Dibagi 2 :
Koordinat geografis, adl koordinat yang ditentukan
oleh garis bujur(membujur dari kutub utara ke kutub selatan dan garis
lintang(garis yang melintang sejajar dengan garis khatulistiwa. Koordinat
geografis ditentukan dalam satuan derajat, menit dan detik. Perlu diketahui
bumi dibagi 4 bagian : bujur barat, bujur timur, lintang utara, lintang
selatan. Indonesia termasuk dalam bujur timur tetapi dengan Lintang utara dan
lintang selatan.
Untuk cara pembacaan :
BT-LU = Kiri ke kanan, bawah ke atas
BT-LS = Kiri ke kanan, atas ke bawah
Hal yang perlu diketahui sebelum membaca koordinat
geografis :
Skala 1 : 25.000, berpengaruh terhadap pembuatan
karvak/garis bantunya
1 derajat berharga 60 menit
1 menit = 60 detik
1 karvak 30 detik untuk skala 1 : 25.000
Koordinat UTM/grid, adl kedudukan suatu titik yang
dinyatakan dalam satuan jarak dengan acuan tertentu, hal yang harus diketahui
sebelum menghitung koordinanya :
a. Skala
peta 1 : 50.000
Harga 1 karvak =
20 mm
1 mm = 50 meter
medan sebenarnya
1 karvak = 1 km
medan sebenarnya
Biasa ditulis
dengan 4, 8, 14 angka
8.
Garis kontur, garis khayal yang menhubungkan
titik2 dengan ketinggian yang sama dari permukaan laut. Ingat 3 bentuk dari
garis:
Bulat : puncak
U : punggungan
V terbalik :
lembahan
Garis kontur yang rendah selalu mengelilingi garis
kontur yang lebing tinggi
Tidak akan
pernah berpotongan
Kontur rapat menunujukkan medan terjal, kontur
berjauhan menunjukkan medan landai.
Beda ketinggian antar kontur adalah tetap, meski
kerapatannyya berbeda
Garis kontur tebal disebut indeks, sementara garis
kontur diantara kedua garis tebal dikenal dengan sebutan kantur antara.
Untuk mengetahui ketingan tempat DENGAN Skala
Untuk skala 1: 50 .000 maka jarak antar kontur (interval)
adalah 25 meter.
0 komentar:
Posting Komentar