Our social:

Sabtu, 23 April 2016

DASAR NAVIGASI DARAT

NAVIGASI DARAT

Navigasi darat merupakan ilmu yang pentingg bagi penggiat alam bebas
Navdar adl/ ilmu yang mempelajari tentang penentuan posisi di peta ataupun di medan sebenarnya.
Manfaat bagi penggiat alam bebas : bisa menentukan posisi, menentukan jarak, menentukan arah, mencari sumber air, dan mendatangi daerah yang baru.
Pada dasarnya ilmu navdar mempelajari 2 hal, 1) penentuan posisi menggunakan peta. 2) penentuan arah dengan kompas.
Sekarang masuk ke peta....
Apa itu peta??? Adl gambaran permukaan bumi baik sebagian maupun seluruhnya yang dliat dari atas dengan perbandingan skala tertentu.
Bagi penggiata alam bebas biasanya menggunakan jenis peta topografi,
Peta topografi adl peta yang memuat informasi ketinggian dengan garis2 kontur dimana satu garis kontur memiliki ketinggian yang sama.
Membaca peta adl mengenali objek dan fitur yang tertera dalam peta
Agar mudah dalam membaca peta, kita harus mengetahui komponen2 peta
1.       Judul peta, biasa diambil dari nama lokasi yang dianggap penting didaerah tersebut/daerah yang besar.
2.       Sheet peta/No. Kedudukan peta, sebagai nomor referensi saat mencari peta
3.       Tahun pembuatan peta, penting untuk pembaruan kondisi demografi yang baru
4.       Utara peta, diabgi 3 :
grid north, arah yang diberikan oleh peta
true north, arah peta sebenarnya
magnetic north, tempatnya tidak bertepatan dengan arah kutub utara.
Pada dasarnya 3 utara peta bisa kita abaikan untuk kepentingan praktis dalam bernavigasi. Tapi ini akan berguna jika kita berada mendekati kutub utara/ kutub selatan. Karena posisi indonesia berada ditengah2 sehingga dalam pembentukan petanya simetris.
5.       Legenda peta, adl informasi yang menggambarkan simbol2 yang dimuat pada peta.
6.       Skala peta, perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya. Dibagi 2 :
Skala angka, 1:50.000
Skala garis

Skala 1: 50.000
peta
sebenarnya
1 cm
50.000 cm = 500 m
2 cm
100.000 cm = 1000 m

7.       Koordinat peta, adl kedudukan suatu titik pada peta.Perlu diketahui bumi dibagi 4 bagian : bujur barat, bujur timur, lintang utara, lintang selatan. Indonesia termasuk dalam bujur timur tetapi dengan Lintang utara dan lintang selatan.Dibagi 2 :
Koordinat geografis, adl koordinat yang ditentukan oleh garis bujur(membujur dari kutub utara ke kutub selatan dan garis lintang(garis yang melintang sejajar dengan garis khatulistiwa. Koordinat geografis ditentukan dalam satuan derajat, menit dan detik. Perlu diketahui bumi dibagi 4 bagian : bujur barat, bujur timur, lintang utara, lintang selatan. Indonesia termasuk dalam bujur timur tetapi dengan Lintang utara dan lintang selatan.
Untuk cara pembacaan :
BT-LU = Kiri ke kanan, bawah ke atas
BT-LS = Kiri ke kanan, atas ke bawah
Hal yang perlu diketahui sebelum membaca koordinat geografis :
Skala 1 : 25.000, berpengaruh terhadap pembuatan karvak/garis bantunya
1 derajat berharga 60 menit
1 menit = 60 detik
1 karvak 30 detik untuk skala 1 : 25.000

Koordinat UTM/grid, adl kedudukan suatu titik yang dinyatakan dalam satuan jarak dengan acuan tertentu, hal yang harus diketahui sebelum menghitung koordinanya :
a.       Skala peta 1 : 50.000
Harga 1 karvak = 20 mm
1 mm = 50 meter medan sebenarnya
1 karvak = 1 km medan sebenarnya
Biasa ditulis dengan 4, 8, 14 angka
8.       Garis kontur, garis khayal yang menhubungkan titik2 dengan ketinggian yang sama dari permukaan laut. Ingat 3 bentuk dari garis:
Bulat : puncak
U : punggungan
V  terbalik : lembahan

Garis kontur yang rendah selalu mengelilingi garis kontur yang lebing tinggi
 Tidak akan pernah berpotongan
Kontur rapat menunujukkan medan terjal, kontur berjauhan menunjukkan medan landai.
Beda ketinggian antar kontur adalah tetap, meski kerapatannyya berbeda
Garis kontur tebal disebut indeks, sementara garis kontur diantara kedua garis tebal dikenal dengan sebutan kantur antara.
Untuk mengetahui ketingan tempat DENGAN Skala

Untuk skala 1: 50 .000 maka jarak antar kontur (interval) adalah 25 meter.

0 komentar:

Posting Komentar